;
image Distributor : Pengertian, Tujuannya dan Jenis-jenisnya

Distributor : Pengertian, Tujuannya dan Jenis-jenisnya

Pengantar

Di dunia bisnis, Distributor ini menjadi salah satu elemen penting dalam menghubungkan produsen dengan konsumen. Perannya sangat penting untuk memastikan distribusi atau penyaluran produk ke pasar berjalan lancar dan efisien.

Distributor in menjadi salah satu peluang usaha  dalam dunia perdagangan yang menjanjikan yang bisa Anda coba. Distributor ini menjadi kunci ketersediaan stok barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Peran seorang distributor ini sendiri sangat vital bagi sebuah bisnis yang bergerak di sektor perdagangan.

Di artikel ini akan membahas secara dalam pengertian distributor, tujuan dan jenis-jenisnya. Simak ya!


Pengertian Distributor

Distributor adalah Individu atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan produk dari produsen ke berbagai titik penjualan atau konsumen akhir. Tugas utama distributor ini adalah mengelola rantai pasokan, menyimpan barang, dan mengirimnya ke pihak pengecer, agen atau pelanggan secara efisien.

Distributor ini dapat memberikan layanan tambahan seperti pengemasan, pemasaran, dan dukungan penjualan untuk membantu memasarkan produk ke pasar yang lebih luas di dalam dunia bisnis.

Kegiatan distribusi ini biasanya dilakukan dalam berbagai sektor industri, diantaranya seperti elektronik, otomotif, makanan dan minuman, farmasi atau obat-obatan dan produk konsumen lainnya.

Biasanya para distributor ini memiliki jaringan yang luas dan pengetahuan yang mendalam pada suatu pasar atau wilayah.

Tugas Distributor

Dalam proses distrubusi dan pemasaran produk, distributor ini memiliki tugas yang penting, berikut diantaranya :

1. Mengumpulkan & menganalisis data pasar

Penjualan produk dan kinerja pasar secara keseluruhan dapat membantu para distributor ini untuk memahami kebutuhan pasar selain memperhatikan tren dan perilaku konsumen.

2. Memberikan layanan penjualan kepada konsumen

Saat melayani permintaan dari konsumen, para distributor ini harus melakukannya dengan efisien, selain itu juga harus merespon pertanyaan dan masalah yang mungkin muncul terkait produk atau pengiriman. Para distributor ini harus memberikan pelayanan yang baik sehingga membuat para pelanggan puas dan setia terhadap produk yang dijual.

3. Mengelola inventaris & stok produk

Para distributor ini harus memastikan bahwa produk yang disalurkan cukup untuk memenuhi permintaan pasar tanpa menimbun terlalu banyak stok yang tidak dijual. Manajemen inventaris ini sangat penting untuk menghindari stok terlalu sedikit atau berlebihan yang dapat merugikan bisnis.

4. Menyediakan akses pasar untuk produsen

Para distributor ini biasanya memiliki jaringan yang luas untuk menghubungkan produk-produk dari produsen ke berbagai tempat penjualan, seperti pengecer, grosir atau bisnis ritel. Maka dari itu membuka kesempatan bagi para produsen untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mencapai konsumen di berbagai wilayah.

Tujuan Distributor

Berikut beberapa tujuan dari distributor :

  1. Memindahkan barang atau produk yang telah dihasilkan oleh produsen menuju ke retailer ataupun konsumen.
  2. Menjadi pihak untuk menyimpan barang sebelum disalurkan, karena dalam kasus tertentu barang yang sudah selesai diproduksi tidak bisa langusng di distribusikan semuanya.
  3. Menjamin pemerataan stok barang. Distributor ini juga harus memperhatikan ketersediaan stok di pengecer. Jangan sampai terjadi ketimpangan stok yang dapat mempengaruhi harga di pasaran.
  4. Memberikan informasi ke pengecer. Distributor ini menjadi pihak yang menjelaskan mengenai produk yang disalurkan ke pengecer, hal ini dikarenakan produsen tidak dapat bersinggungan langsung dengan pengecer.


Jenis-Jenis Distributor

Berikut jenis distributor yang perlu Anda ketahui :

  • Distributor Barang

Distributor Barang adalah Produk yang disalurkan berupa barang dan memiliki wujud nyata. Distributor ini akan membeli dan mengambil produk untuk disalurkan kepada sejumlah pengecer sebelum sampai di tangan konsumen.

  • Distributor Jasa

Distributor Jasa adalah Produk yang disalurkan adalah jasa, dimana tujuan akhirnya bisa langsung mencapai konsumen. Contohnya kegiatan distribusi berupa jasa bisa ditemui dalam dunia perbankan atau perusahaan multi finance yang menargetkan nasabah sebagai konsumen terakhir.

  • Retailer

Retailer adalah Individu atau perorangan yang memperoleh produk dari sebuhan perusahaan dan menyalurkannnya kepada konsumen atas nama sendiri. Contohnya dapat ditemui dalam bisnis Multi Level Marketing (MLM).

  • Distributor Grosir

Distributor Grosir adalah Produk yang disalurkan berupa barang atau produk dalam jumlah besar sebelum menjualnya kembali ke pedagang dengan skala yang lebih kecil.

  • Distributor Tunggal

Distributor Tunggal adalah Produk yang disalurkan biasanya disalurkan oleh perusahaan yang memiliki hal eksklusif dari produsen untuk mendistribusikan produknya. Distributor tunggal biasanya terikat perjanjian dan berhak mendapatkan hak-hak khusus.

  • Distributor Regional

Distributor Tunggal adalah Produk yang didistribusikan ini dibeli langsung dari produsen dan diperjualbelikan ke pengecer yang berada di tingkat wilayah tertentu.

Keuntungan Menjadi Distributor

1. Peluang Bisnis yang luas : Para distributor ini memiliki akses ke berbagai produk dari berbagi produsen, sehingga mereka dapat menawarkan berbagai pilihan kepada konsumen. Hal ini membuka peluang bisnis yang lebih luas dan memungkinkan mereka untuk menjangkau pasar yang lebih besar.

2. Modal Relatif Kecil : Dibandingkan dengan membuka bisnis retail, menjadi distributor membutuhkan modal yang relatif lebih kecil. Hal ini karena distributor tidak perlu membeli produk secara langsung dari produsen, melainkan hanya mengambil stok produk kemudian dijual kembali kepada pengecer.

3. Keuntungan yang stabil : Para distributor ini biasanya mendapatkan keuntungan dari selisih harga antara harga beli dari produsen dan harga jual kepada pengecer. Keuntungan ini relatif stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi pasar.

4. Membangun jaringan bisnis yang luas : Para distributor ini dapat membangun jaringan bisnis yang luas dengan menjalin hubungan baik dengan berbagai produsen dan pengecer. Jaringan ini dapat menjadi aset berharga untuk pengembangan bisnis di masa depan.


Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai distributor. Singkatnya, Distributor ini adalah pihak yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Distributor ini juga memiliki dampak positif dalam ekonomi dan bisnis dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan efisiensi distribusi, dan memungkinkan akses produk ke berbagai segmen pasar.

Jadi, pastikan untuk pengurusan legalitas di virtualofficescbd.id Kami siap membantu prosesnya sampai tuntas.

Semoga informasi diatas membantu dan bermanfaat bagi bisnis Anda.


Virtual Office SCBD: Mulai 3 juta-an

bundling scbd

Virtual Office SCBD adalah solusi cerdas untuk Anda yang membutuhkan alamat legalitas di daerah SCBD yang sangat prestisius.

Dengan 3 juta-an Rupiah, kamu sudah memiliki kantor berupa layanan virtual office selama 1 (satu) tahun di Gedung Bursa Efek Indonesia di SCBD. Hubungi kami sekarang juga dengan klik tombol ini!

Tidak sempat berkunjung?
Lihat Office Tour!