Fungsi laporan keuangan bagi perusahaan
Pengantar
Sebagai pelaku usaha atau perusahaan sudah pasti memerlukan laporan keuangan dalam bisnis yang sedang dijalani. Setiap pelaku usaha atau perusahaan baiknya membuat dan menggunakan laporan keuangan dalam proses mengatur keuangan perusahaan. Salah satu manfaat laporan keuangan yang bisa didapat yakni sebagai bahan dasar evaluasi suatu bisnis.
Selain sebagai dasar evaluasi dalam suatu bisnis, analisis laporan keuangan juga digunakan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan perusahaan dalam menentukan langkah perusahaan kedepannya. Maka para pelaku usaha atau perusahaan yang menjalankan bisnis harus membuat laporan keuangan dengan baik. Laporan keuangan ini tidak boleh dibuat sembarangan dan harus mengikuti standar yang ada.
Masih bingung cara membuat laporan keuangan yang dimaksud? Mari, simak contoh laporan keuangan di bawah ini.
Pengertian laporan keuangan
Untuk memahami apa itu laporan keuangan, berikut beberapa pendapat tentang pengertian laporan keuangan menurut para ahli :
1. Kasmir (2009: 7)
Laporan keuangan adalah laporan yang menunjukan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu.
2 .Sutrisno (2012: 9)
Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang meliputi dua laporan utama yakni neraca dan laporan laba rugi. Laporan keuangan disusun dengan maksud untuk menyediakan informasi keuangan suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan sebagai bahan pertimbangan di dalam mengambil keputusan.
3. Ikatan Akuntan Indonesia (2015)
Pengertian laporan keuangan adalah suatu bagian dari pelaporan keuangan yang disajikan secara terstruktur untuk menyampaikan posisi dan kinerja keuangan disuatu entitas sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) No. 1.
4. M. Sadeli (2002 : 2)
Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi dan merupakan informasi histories. Akuntansi adalah proses pengindetifikasian, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk membentuk pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagai pemakai informasi tersebut.
5. Munawir (2002 : 56)
Pengertian laporan keuangan adalah alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil operasi telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan laporan keuangan
Tujuan laporan keuangan secara umum adalah untuk memberikan informasi keuangan perusahaan sehingga dapat digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh manajemen dimasa yang akan datang.
Selain itu, pembuatan laporan keuangan ini bertujuan untuk memberikan pertanggungjawaban manajemen atas pengalokasian sumber daya dalam pengelolaan dan operasional perusahaan.
Laporan keuangan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan anda tapi juga bagi investor. Ini adalah kunci utama dalam akuntabilitas keuangan bisnis , untuk pelaku usaha tentu saja membutuhkan pengelolaan uang yang baik dan benar.
4 jenis laporan keuangan
Terdapat 4 jenis laporan keuangan yang perlu anda ketahui dalam menjalankan sebuah operasional perusahaan. Berikut penjelasannya:
1. Neraca Keuangan
Neraca Keuangan adalah serangkaian laporan posisi keuangan sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, neraca di buatkan pertanggal, seperti "per 30 April 2022" dan sebagainya.
Pada umumnya laporan neraca keuangan berisi informasi yang berkaitan dengan akun aktiva dan kewajiban perusahaan disuatu periode. Dengan laporan neraca keuangan ini, anda bisa dapat mengetahui posisi dan juga informasi keuangan perusahaan.
Contoh laporan keuangan neraca :
2. Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menggambarkan hasil usaha perusahaan dalam suatu periode tertentu. Tujuannya untuk memahami apakah suatu perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan.
Contoh laporan keuangan laba rugi :
3. Laporan Arus Kas
Laporan arus kas adalah informasi yang mencakup pemasukan dan pengeluaran di perusahaan dalam suatu periode. Laporan arus kas ini bisa sebagai alat guna mengambil keputusan keuangan yang dikerjakan oleh perusahaan , pertimbangan struktur keuangan dan menjadi acuan untuk pengelolaan strategi dalam menghadapi perubahan serta peluang dalam menjalankan bisnis anda.
Contoh laporan arus kas :
4. Laporan perubahan modal
Laporan perubahan modal merupakan laporan yang berisi jumlah dan jenis modal yang dimiliki saat ini. Laporan perubahan modal dibuat dengan tujuan agar perusahaan bisa menjelaskan peningkatan atau penurunan dari aktiva bersih di dalam suatu periode tertentu oleh prinsip pengukuran tertentu.
Contoh laporan perubahan modal :
5 fungsi dan manfaat laporan keuangan
Agar tidak bingung, berikut penjelasan terkait fungsi dan manfaat laporan keuangan dalam bisnis menjalankan perusahaan anda.
1. Sebagai bahan Review
Laporan keuangan dapat memberikan informasi atau data yang luas dan lengkap tentang posisi keuangan perusahaan. Setelah mengetahui data atau informasi yang didapat bisa dijadikan sebagai acuan bahan evaluasi atas kinerja perusahaan selama periode tertentu.
2. Sebagai dasar pengambilan keputusan
Laporan keuangan menjadi dasar sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Misalnya ketika perusahaan menghasilkan keuntungan, untuk dana bisa diputar sebagai modal dan diinvestasikan atau bisa digunakan sebagai kebutuhan operasional dan ekspansi bisnis atau kebutuhan lain yang dinilai lebih mendesak.
3. Informasi terkait perhitungan pajak
Sebagai bahan dasar perhitungan pajak, laporan keuangan berperan penting dalam penyajian informasi untuk bisnis atau perusahaan. Laporan keuangan perusahaan menjadi acuan dalam penilaian pajak yang dibebankan pada perusahaan. Perusahaan dianggap mampu membayar pajak lebih baik jika hasil laporan keuangannya menunjukan peningkatan yang relevan.
4. Mengajukan pinjaman modal
Dengan hasil laporan keuangan yang baik, memudahkan para kreditur untuk memutuskan memberikan pinjaman ke perusahaan anda. Laporan keuangan ini menjadi salah satu tolak ukur bagi para kreditur untuk mengetahui kemampuan keuangan perusahaan. Sehingga, kreditur dapat memperkirakan apakah perusahaan tersebut memiliki kesanggupan untuk membayarkan pinjaman serta bunga yang dibebankan.
5. Sebagai informasi bagi Stakeholder
Gambaran kondisi finansial perusahaan dapat terlihat jelas dari laporan keuangan yang rapi dan terstruktur. Sehingga, lebih mudah untuk ditelaah untuk melihat potensi keuntungan yang lebih akurat. Dan juga, untuk memudahkan perusahaan mengambil investor atau mendapat modal dari kreditur.
Kesimpulan
Laporan keuangan ini memiliki manfaat bukan hanya untuk internal perusahaan namun untuk eksternal perusahaan yang bisa mengambil manfaat dari laporan keuangan tersebut.
Maka dari itu laporan keuangan harus dibuat dengan detail untuk menjamin kredibilitas perusahaan anda. Karena, akuntabilitas yang baik dan sesuai menjadi tonggak keberhasilan dari perusahaan.
Demikian ulasan mengenai fungsi dan manfaat laporan keuangan bagi perusahan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi bisnis anda.
Virtual Office SCBD: Mulai 3 juta-an
Virtual Office SCBD adalah solusi cerdas untuk Anda yang membutuhkan alamat legalitas di daerah SCBD yang sangat prestisius.
Dengan 3 juta-an Rupiah, kamu sudah memiliki kantor berupa layanan virtual office selama 1 (satu) tahun di Gedung Bursa Efek Indonesia di SCBD. Hubungi kami sekarang juga dengan klik tombol ini!